Rumpun Marga Zega Pugar Situs Gowe di Bukit Tetehösi Afia

Gunungsitoli Utara, Keturunan Marga Zega menggelar acara peletakan batu pertama pemugaran situs “Gowe” Balugu Zega Ana’a dan Zega Sörömi pada Sabtu(12/08/2023) di Desa Tetehösi Afia Gunungsitoli Utara – Kota Gunungsitoli.

Usia situs Gowe Balugu Zega Ana’a dan Zega Helesörömi diperkirakan sekitar 379 tahun.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Tim pelestarian dan Pemugaran situs Gowe Marga Zega yang dikoordinir oleh Törötödö Zega (Ketua), Warman Jaya Zega (Sekretaris) dan Edison Zega (Bendahara) Berdasarkan Keputusan dari perwakilan 7 rumpun Marga Zega yang menyebar di berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Tim dalam Laporannya menyampaikan bahwa pemugaran ini bertujuan untuk mendalami sejarah serta silsilah Marga Zega. Hal ini dipandang baik bagi generasi muda Kepulauan Nias, khususnya Marga Zega.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan persatuan di kalangan Marga Zega di Indonesia”. Terang Camat Gunungsitoli Utara itu.

 

Sekretaris Tim Warman Jaya Zega yang dimintai tanggapannya usai acara menyebut pembangunan ini menelan biaya kurang lebih Rp 267 Juta dari berbagai sumber.

“Tim telah merencanakan pembangunan ini dengan matang. Dengan besaran biaya Rp 267 Juta”. Terang Warman yang juga Ketua Karang Taruna Kota Gunungsitoli itu.

Turut hadir diacara tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Edward Zega, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, Mantan Pj. Bupati Nias Utara Fonaha Zega, Mantan Sekda Kota Gunungsitoli Agustinus Zega, Wakil Ketua Komaze (Komunitas Mado Zega), Kabag Ops. Polres Nias Arius Zega, Kandatel Telkom Kurnia Prasetya Zega, Kepala Bappelitbang Karya S. Batee (Mewakili Walikota Gunungsitoli), Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Ridwan Zega, Ketua Karang Taruna Kota Gunungsitoli Warman Jaya Zega, Mantan Kepala Desa Tetehösi Afia Sonitehe Zega, Pj. Kepala Desa Tetehösi Afia Fotödö Zega serta ratusan rumpun Marga Zega dari berbagai daerah. (E/85)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *