65 Orang Narapidana di Rutan Kelas IIA Batam Kanwil Kemenkumham Kepri Diusulkan Terima Remisi Khusus Hari Raya Natal Tahun 2023

BATAM. ASIATIMES.ID – Sebanyak 65 Orang Narapidana di Rutan Kelas IIA Batam Kanwil Kemenkumham Kepri Diusulkan Terima Remisi Khusus Hari Raya Natal Tahun 2023, Senin, (25/12/2023).

Humasrutan – Rutan Kelas IIA Batam mengusulkan pemberian Remisi Khusus Hari Raya Natal kepada 65 orang narapidana dan apabila surat keputusan remisi diperoleh.

dengan harapan mendorong motivasi bagi narapidana yang berkelakuan baik selama masa hukuman mereka di Rutan Batam Kepulauan Riau.

Remisi itu yang diajukan mencakup pengurangan hukuman antara 15 hari hingga satu bulan. Usulan ini telah disampaikan kepada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia untuk mendapatkan persetujuan di hari raya natal 2023 ini.

Kriteria pemberian remisi sangat ketat; narapidana harus memenuhi persyaratan administratif dan substansif serta menunjukkan perilaku yang baik selama berada di Rutan Kelas IIA Batam. Tujuan utamanya adalah memberikan kesempatan kepada narapidana untuk kembali berintegrasi dengan masyarakat setelah mereka dibebaskan.

Faizal Gerhani Putra, Karutan Batam, menegaskan bahwa seluruh proses usulan remisi ini tetap sesuai dengan prosedur yang berlaku. “Semua WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang diusulkan untuk mendapatkan remisi Natal telah melalui seleksi ketat, baik dari segi administrasi maupun masa tahanan,

“Seluruh proses usulan remisi tersebut tetap sesuai dengan prosedur yang berlaku, semua Warg Binaan Permasyarakatan (WBP) Yang diusulkan untuk mendapatkan remisi telah melalui seleksi ketat,” ungkapnya.

Dengan rencana penyerahan Surat Keputusan (SK) remisi khusus pada tanggal 25 Desember 2023, bertepatan dengan perayaan Hari Natal, harapannya semakin memperkuat semangat positif bagi narapidana untuk memanfaatkan kesempatan baik ini.

Keputusan ini mencerminkan upaya sistematis untuk memberikan peluang kedua bagi narapidana yang telah menunjukkan komitmen dan perubahan positif selama masa pidana mereka di Rutan Kelas IIA Batam kepulauan Riau.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *