Maraknya Peredaran Rokok Manchester Dan H-Mind Tanpa Cukai Melanggar UU No.11 Tahun 1995

Asiatim.id BATAM KEPRI – Tim awak media Asiatim.id investigasi di lapangan ke tempat grosir – grosir dan warung – warung kecil di Kota Batam Kepulauan Riau nampak jelas rokok ilegal Manchester Dan H-Mind tanpa cukai marak beredar luas,Minggu,(20-03-2022).

Seperti rokok Manchester yang beredar di grosir dan warung kecil dengan harga 10000 perbungkus dan rokok H-Mind perbungkus 9000, kedua rokok tersebut tidak mempunyai pita cukai.

Pasal 54 Undang-undang No 39 Tahun 2007 tentang Cukai menyebutkan, menawarkan atau menjual rokok polos atau rokok tanpa cukai terancam pidana penjara 1 sampai 5 tahun, dan/atau pidana denda 2 sampai 10 kali nilai cukai yang harus dibayar.

Rokok H-Mind ,seperti yang tertulis dibawah kotak rokok dibuat oleh PT.Fantastik Internasional Batam – Indonesia.

Ancamannya berupa pidana penjara paling lama 25 tahun dan denda paling banyak Rp 11 miliar,” pemberian efek jera kepada para pelaku penting dilakukan mengingat rokok ilegal merugikan negara dan masyarakat

Dalam hal ini pihak terkait khususnya Bea Cukai Kota Batam Provinsi Kepri agar menindak tegas rokok ilegal tanpa cukai karena sangat merugikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Tutupnya.

(Darman-R)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *